HELLO GUEST! | LOGIN

Engine Baru PES!

Friday, March 15, 2013
14 Maret 2013, Konami memperkenalkan engine terbaru yang akan digunakan pada PES 2014; melalui sebuah majalah games "EDGE". Untuk mendapatkannya, kami hrs register dan berlangganan online, karena kalo utk membeli majalah secara fisik hanya bisa diperoleh di negara UK dan Eropa. Dirilis sekitar jam 5 sore waktu Indonesia, jadi sebelum itu, kami coba terus memantau aktivitas komunitas PES di seluruh dunia melalui jejaring sosial Twitter. Puji Tuhan, akhirnya kami bisa mendapatkan link download majalah tersebut dan akhirnya kami bisa mengakses dan membaca artikel yang sgt kita harapkan: PES Engine!

 photo BFUdYW7CYAE1U61s_zps1cb9326b.jpg
Penampakan Majalah EDGE #252
 
 photo 577239_10151332904834327_5620740712_n_zps8a47e99f.jpg
Penampakan Cover EDGE #252
 
Melihat ke bacaan, penasaran apa aja yang dibahas di sana, kami langsung loncat ke bagian PES Engine yang ada di halaman 72; dengan total 8 halaman, dimana 1 halaman pertama hanya menampilkan gambar seperti pada cover. Topik pertama yg dibahas adalah "Apa yang diharapkan Konami dgn Engine terbarunya ini?"; dalam artikel disebutkan bahwa Konami mengakui kesulitan mereka saat transisi dari PS2 ke PS3, ada kesalahan di dalam organisasi, termasuk budaya organisasi Jepang yang terlalu kaku untuk merespon sebuah perubahan besar. Hasilnya kita tahu bahwa di pasar UK, penjualan EA FIFA dibanding PES mencapai ratio 20:1. Oleh karena itu, lahirnya engine baru ini bukan hanya berdasarkan kebutuhan menghadapi konsol gen-terbaru: PS4 tapi juga merupakan hasil pemikiran panjang untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Engine baru yang ada sekarang disebut sebagai engine untuk menghadapi "ketidakpastian"; engine dirancang untuk bisa beradaptasi dan berkembang sesuai kebutuhan pasar. Konami menyadari bahwa pasar game yang ada sekarang sudah mengalami perubahan, orang-orang skg bisa mengakses game melalui "mobile" atau "tablet", bahkan untuk pasar dimana orang berlama2 bermain konsol di depan TV cenderung mengalami penurunan.
 
Jadi, apa yg Konami harapkan melalui perubahan ini semua adalah mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan persaingan di pasar game, dengan cara memfasilitasi segala bentuk model atau cara orang dalam bermain game; Sehingga baik itu bermain via mobile, tablet, ataupun konsol, player dapat memiliki pengalaman (emotional) bermain yang sama.
 
 photo foxengine330_25028nphd1_zps42451e1b.jpg
Hasil render (kiri) - Foto asli (kanan)
 

Tentang engine-nya sendiri; Spt yg kita tahu bahwa engine terbaru yg akan digunakan adalah engine yg dibuat dr Fox Engine. Salah satu yg plg mencolok dr engine ini adalah kemampuannya utk menampilkan kualitas grafis yg luar biasa. Teknik pencahayaan dan bayangannya memiliki kemampuan utk menentukan pantulan matahari ataupun sudut bayangan dgn sgt baik. Tim PES menunjukkan dua gambar slg bersandingan, yg pertama adalah suasana Old Trafford saat kick-off; hasilnya sulit membedakan mana gambar asli dan mana yg hasil render. Bahkan pd gambar kedua, sepatu bola yg asli terlihat lebih palsu dibanding gambar hasil render, krn masih baru dan blm terpakai. Sayangnya gambar2 yg disebutkan tsb tidak ditampilkan pada majalah >_< sehingga kita yang membaca terkesan disuguhi janji2 yang masih perlu dibuktikan kebenarannya. Tapi untungnya semua gambar yg disebutkan tadi semuanya dipastikan dpt dijalankan di mesin PS3, jadi tidak perlu beli konsol baru untuk bisa menyaksikan gambar dengan kualitas di atas.

 
Berikutnya adalah gambar di cover; gambar tsb adalah gambar dari Kei Matsuda yg semula menggunakan model 2.000.000 polygon yg kemudian disusutkan menjadi hanya 2.000 polygon, tapi kembali lagi karena kualitas engine baru dengan teknik pencahayaan dan penyebaran permukaan yang apik sehingga hasil render mampu menghasilkan kualitas gambar permukaan kulit yang realistis, dahsyat bukan?!
 


Fox Engine pada MGS: Ground Zeroes

Karena tidak adanya gambar pada majalah, jadi... coba bayangan kualitas video di atas kalo diterapkan pada PES, bagaimana hasilnya? Ajib gak?! ^^

 

 photo fisica_pes_2014_resize_zps12d25aeb.jpg

 
Bbrp hari yg lalu sebelum Konami resmi merilis PES Engine via EDGE, kita sdh memperoleh informasi bahwa selain kualitas gambar yang mengalami perubahan signifikan, engine kali ini jg memiliki perubahan pada aspek fisik (kontak antar pemain) dan controls dimana pada engine yg baru, pergerakan pemain dan bola akan menjadi entitas yg terpisah. Sebagai contoh, pemain bisa mencondongkan badannya (mengganggu) ke pemain lain bahkan sebelum menyentuh bola. Masih belum diketahui bagaimana fungsi tsb diterapkan saat bermain, tapi yg paling memungkinkan utk menerapkan fungsi tsb adalah dgn menggunakan analog-kanan.


Permainan Psikologis

Salah satu yg menarik dari artikel ini adalah saat diceritakan bagaimana sebuah permainan dimainkan yg berakhir dengan skor 3-3 dan memiliki grafik tingkat motivasi pemain. Pemain dgn mental kuat tidak akan terpengaruh suasana pemainan, baik itu kebobolan atau dikarenakan tingkah pemain lainnya, seperti saat pemain beraksi atau saat melakukan pelanggaran keras. Penonton akan merespon semua hal tsb, tp masih belum bagaimana itu semua mempengaruhi stat pemain, tp mereka menceritakan bagaimana energi pemain akan menurun, kemampuan operan2 jauh akan berkurang, bahkan sd kemampuan mempertahankan kesolidan formasi. 
 
Dari fitur ini, Konami ingin menghadirkan sebuah permainan yang lebih mengalir secara alami, menciptakan drama dan romansa dalam sepakbola. Seperti yg kita ketahui sekarang, pemain yg bertanding atau mengikuti sebuah ajang turnamen baik offline maupun online akan memilih menggunakan tim2 kuat, seperti: PSG, Real Madrid, atau Barcelona karena mereka ingin memastikan kemenangan. Semoga aja dengan hadirnya fitur ini, permainan PES akan lebih beragam dan bervariasi karena ada faktor suporter sebagai pemain ke-12 dalam sebuah pertandingan. Mungkin, di PES2014 nanti kita bisa benar2  menghadirkan keangkeran "Gelora Bung Karno" saat menyambut klub2 besar Eropa, hohoho... Menentukan laga kandang dan tandang menjadi sangat penting dalam sebuah permainan PES ^^

Back to Home