HELLO GUEST! | LOGIN

Road to IGS2014, PESLeagueID FINAL

Wednesday, January 01, 2014

Semua orang pecinta PES pasti mau jadi juara turnamen PES? Apalagi menjadi juara sekaligus meraih gelar pemain PES terbaik di Indonesia. PESLeagueID sebagai liga PES & WE terbesar di Indonesia mengajak semua pecinta PES untuk saling bersaing untuk menjadi yang terbaik dan merebut gelar "Pemain PES nomor satu Indonesia" pada acara PESLeagueID FINAL, Indonesia Game Show 2014.

 

Pada acara Final IGS 2014, para jagoan PES dari seluruh penjuru nusantara yang berhasil meraih rankings atas dari masing-masing regional akan diundang untuk hadir dan kembali bersaing pada partai puncak PESLeagueID. Panitia merencanakan TOTAL 24 SLOT FINAL akan diperebutkan untuk musim perdana PESLeagueID kali ini, dimana 18 SLOT ditentukan berdasarkan regional rankings, 2 SLOT dari komunitas online, dan 4 SLOT dari event IGS yang diadakan pada hari Jumat-Sabtu.

 

Akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemain untuk bisa bermain di ajang akbar ini, apalagi jika berhasil keluar sebagai juara dan meraih gelar pemain PES terbaik Indonesia.

 

Untuk regional sendiri memiliki persyaratan dan ketentuan untuk mendapatkan jatah tiket (slot) langsung bagi pemainnya untuk bermain di partai final, di antaranya adalah minimum jumlah peserta (pemain) yang bermain di regional adalah 50 peserta terdaftar pada regional tersebut. Jika suatu regional tidak memiliki jumlah peserta minimum, maka pada perhitungan pembagian jatah tiket langsung, regional tersebut tidak termasuk dalam perhitungan atau dengan kata lain tidak memiliki jatah tiket langsung ke final. Yang dimaksud dengan regional sendiri adalah domisili pemain tersebut menetap (bukan tempat lahir), jadi dimana pemain tersebut bermain di musim ini, maka dari regional tersebutlah pemain memiliki kesempatan mendapatkan jatah tiket ke final.

 

Terdapat 7 regional PESLeagueID di musim 2013/2014 kali ini, yaitu: DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi; Jadi, kalau kamu sekarang seorang mahasiswa di Kota Bandung yang berasal dari Samarinda, maka regional PESLeagueID kamu adalah Jawa Barat, bukan Kalimantan.

 

Dari 18 slot regional rankings, 4 slot ditentukan berdasarkan rankings nasional, dan 14 slot sisanya akan dibagi ke masing-masing regional ditentukan berdasarkan “Koefisien Regional”. Berikut ini adalah rumusan untuk menentukan Koefisien Regional =

 

(Jumlah Peserta Regional : Jumlah Event Regional)

-------------------------------------------------------------------------

Total Rata-Rata Peserta Nasional

 

Dengan rumusan tersebut, maka semakin sering suatu regional mengadakan event belum tentu memberikan jatah tiket langsung lebih banyak dibanding dengan regional lainnya, karena jumlah peserta yang berpartisipasi dalam satu regional menjadi faktor yang paling menentukan. Misalkan saja suatu regional mengadakan 10x event dimana peserta yang berpartisipasi hanya itu-itu saja, maka nilai koefisien regional justru akan semakin kecil dengan otomatis jatah tiket regional tersebut juga akan semakin minim, karena tujuan dari kegiatan liga ini adalah untuk merangkul banyak komunitas baru untuk bergabung dan terlibat di dalamnya.

 

Sedangkan untuk jatah tiket langsung regional ke final ditentukan berdasarkan =

 

Koefisien Regional x Total Jatah Tiket Regional (14 Tiket)

 

 

Berikut ini adalah ilustrasi pembagian jatah tiket langsung ke final berdasarkan data rankings PES 2013:

Jumlah Peserta: Bandung 462 | Jakarta 331 | Surabaya 60 | Makasar 112

Jumlah Event: Bandung 5 | Jakarta 2 | Surabaya 3 | Makassar 1

Rata-Rata Peserta: Bandung 92,4 | Jakarta 165,5 | Surabaya 20 | Makassar 112


Total Rata-Rata Peserta:  389,9 (92,4+165,5+20+112)


Koefisien Regional:

Bandung 0,237 (92,4:389,9) | Jakarta 0,424 | Surabaya 0,051 | Makassar 0,287


Jatah Tiket Langsung: Bandung 3 | Jakarta 6 | Surabaya 1 | Makassar 4

 

 

Bisa dilihat dari perhitungan di atas bahwa meski Bandung lebih sering mengadakan event, tapi jatah tiket langsung Bandung justru lebih kecil dibanding Jakarta & Makassar yang jauh lebih jarang mengadakan event, ini dikarenakan rata-rata jumlah peserta regional Jakarta & Makassar lebih banyak banyak dibanding Bandung, dengan kata lain antusiasme peserta Jakarta & Makassar lebih besar dibanding Kota Bandung.

 

Jadi? Siap menjadi wakil dari regionalmu masing-masing? Siap bersaing untuk merebut gelar pemain PES nomor satu di Indonesia?! Gabung sekarang dengan PESLeagueID dan ikuti event-eventnya yang ada di daerah sekitar kamu. #PESUnites #PESLeagueID



Artikel-artikel lainnya seputar #PESLeagueID:

- Menyelenggarakan turnamen PESLeagueID

- What is PES League Indonesia?

- Why u need to support PESLeagueID?

Back to Home